Friday, October 3, 2014

Air Terjun di Lereng Gunung Rinjani

Keberadaan Gunung Rinjani dalam Pulau Lombok, mencetak pulau berjuluk “Seribu Masjid” itu sangat banyak pada anugerahi keindahan alam berupa air terjun yang sangat indah. Terang saja diantaranya yang telah terkenal dalam kalangan pengunjung adalah air terjun Sendang Penyuka, Tiu Kelep, Tiu Pupus, dengan Kerta Gangga di Kabupaten Lombok Utara, lalu air terjun Benang Stokel, dengan Benang Kelambu pada Kabupaten Lombok Tengah, dengan air terjun Daya pikir Kokok, Air Jeruk Manis di Kabupaten Pulau Lombok Timur.


Sesungguhnya, masih banyak lagi air terjun pada lereng - lereng Gunung Rinjani serta Ketinggian 3726 meter dari permukaan laut, yang membentang mulai dari ujung Kabupaten Lombok Utara, sesudah ujung Kabupaten Pulau Lombok Timur. Cuma saja, keterbatasan akses cara menuju lokasi, dengan minimnya fasilitas rakyat , atau akomodasi, menciptakan beraneka air terjun yang tetap apik itu sepi dari pengunjung.

Salah Satunya yang sekarang sedang dikembangkan merupakan destinasi tamasya baru merupakan air terjun Kembar Tiu Teja dalam Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Air terjun juga ketinggian sekota 40 meter yang tersembunyi dalam belantar hutan Gunung Rinjani yang tetap alami dengan asri ini, buat segala pengunjung yang sempat berkunjung, panorama keindahannya bahkan menundukkan air terjun lain yang telah berkembang sebagai destinasi bertamasya makin dulu.

Andai air terjun lain, air yang meluncur turun biasanya tunggal (seorang), atau luas seumpama sumber air yang mengalir deras. Maka air terjun Tiu Teja memperoleh 2 mata air terjun yang meluncur mengakses berdampingan. Indahnya lagi, ketika mendapatkan sinar matahari, ketika momen akan muncul sinar pelangi diantara bias titik-titik air yang meluncur.

“Akibat seringnya tampak sinar pelangi pada air terjun, publik setempat pada akhirnya memberi nama Air Terjun Tie Teja”. “Tiu” dalam bahasa Sasak Lombok berarti Pelangi.

Dari Kota Mataram, air terjun Tiu Teja berjarak sekota 60Km, atau tetangga dua jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Sebab jalur menuju lokasi air terjun dari tindakan nomor satu desa tetap melintasi kebun serta hutan yang lebat sejauh dua KM, kans kami buat pengunjung untuk memakai kendaraan sepeda motor saja. Sukses memakai mobil, tapi hanya dapat sesudah pada pintu gerbang pada pinggiran cara desa. Demi menuju lokasi berikutnya bisa menyewa jasa tukang ojek.

Namun menurut mereka yang hobi petualangan / mendaki, jalan kaki ke lokasi air terjun dan penuh pengalaman lalu menakjubkan. Rute yang terhidang bakal melintasi perkebunan kopi miliki seluruh kalangan, untuk yang lain mengakses hutan tropis di lereng Gunung Rinjani yang masih lebat dengan alami. Sapaan ramah penduduk bakal sering terdengan ketika berpapasan, demikian pula suara suara merdu burung, ayam hutan, atau monyet debu debu, bakal menemani perjalanan anda ke lokasi air terjun.

Tanda seandainya telah sampai pada lokasi air terjun, sebagai keberadaan Pos Pemantau punyai BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam), silahkan parkir sepeda motor dikandang itu, juga lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuruni alternatif setapak yang saat ini telah dibuatkan anak tangga sampai lokasi air terjun. Air Terjun Tiu Teja sungguh memilah tidak terlihat dari Pos pemantau BKSDA, tetapi suara gemuruh air terjun telah terdengar dengan menggoda semua pengunjung demi segera turun juga menikmati sejuk serta segarnya air pegunungan.

Benar saja, setelah pada lokasi, kamipun sempat terpana dan kagum serta panorama yang terhidang. Dua mata air terjun berwarna putih kelihatan turun meluncur serta derasnya, pada akhirnya membentuk kolam dibawahnya selebar sekota sepuluh meter persegi, juga kedalaman sekitar satu meter, pada akhirnya aman untuk event berenang. Tak cuma itu, bias air yang turun, untuk kemudian naik lagi, akan membasahi gerumbulan tanaman-tanaman, batu besar, serta tebing tebing batu pada sekelilingnya, sehingga efek yang ditimbulkan, batu juga tebing tebing tersebut sangat basah dengan berlumut. Saat bias titik titik air yang naik tersebut tertimpa sinar matahari, maka pengalaman memakai keindahan itu akan semakin lengkap juga hadirnya bias pelangi yang berwarna warni. Benar benar air terjun yang spektakuler dan eksotik.

Karena destinasi wisata Air Terjun Tiu Teja ini update dibuka untuk umum, maka pada lokasi mengamati berada pedangan makanan dengan minuman. Menjadi, jikalau kamu berniat kesini, persiapkan makanan dengan minuman secukupnya dari rumah. Karena tetap banyak pengunjung yang dari menuju lokasi, para wisatawan rasanya seolah olah sendang menggunakan keindahan poanorama alam milik pribadi.

No comments:

Post a Comment